BACA INI DULU SEBELUM DAFTAR SEKOLAH

HEBAT DI AKADEMIK HANDAL DI NON AKADEMIK

Akhir bulan Juni atau awal Juli adalah ritual tahunan bagi orang tua mencarikan sekolah untuk putra-putri tersayang. Bagi yang mau mencari SMP, inilah 4 SMP terbaik di DIY
1. SMP Negeri 4 Pakem, Rank 1 DIY, sejak 2007
2. SMP Negeri 5 Yogyakarta.
3. SMP Negeri 8 Yogyakarta.
4. SMP Negeri 1 Godoen.

SMP Negeri 4 Pakem kokoh di Rank 1, pada tahun 2007,2008, 2009, 2011, 2013. Ada apa dengan SMP Negeri 4 Pakem.

Pembelajaran sebagai kegiatan utama pada setiap satuan pendidikan menjadi fokus bagi SMP Negeri dalam upaya melayani para siswanya. Pembelajaran di SMP Negera 4 Pakem mengalami proses perubahan seiring dnegan tugas dan tanggungjwabnya sebagai pelaksana program kurikulum nasional. Semasa menjadi PPSP dibawah IKIP Yogyakarta, pembelajaran di SMP N 4 Pakem, menggunakan sistem modul sebagai ciri khas sekolah laboratorium. Setelah bergabung di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sistem pebelajaran dan kurikulum mengikuti kurikulum yang berlaku seperti, kurikulum 75, kurikulum 84, kurikulum 94, kurikulum 2004, KTSP (2006), dan program RSBI (2007-2012). Mulai tahun 1999, Learning in Family Style menjadi jargon dalam melaksanakan pembelajaran. Hubungan antar guru dan karyawan, antar siswa,  antar guru dan siswa, siswa dan karyawan, layaknya hubungan kekeluargaan. Struktur fisik sarpras menggunakan kombinasi antara sekolah dan rumah. Jargon ini diyakini  dapat menjadi pemersatu dalam semangat mencapai prestasi tinggi secara bersama sama.

Memberikan pelayanan pembelajaran semurah-murahnya untuk mendukung Mastery Learning yang menjadi prinsipnya. Nilai diberikan apa adanya, sesuai dengan kemampuan sebenarnya. Pada Mastery Learning inilah  “Learning in Family Style “ sangat nampak. Guru akan sedih kalau ada 1 atau 2 siswanya yang masih tertinggal, maka dengan pendekatan personal siswa siswa tersebut akan mendapat pelayanan pembelajaran sampai tuntas. Serluruh siswa kami adalah satu-satunya siswa kami.

Dalam mencapai kompetensi yang ditargetkan dalam Standard Kompetensi Lulusan, SMP Negeri 4 Pakem mengambil kompetisi dan kolaborasi sebagai wadahnya..Kompetisi akademik dilaksanakan dengan antara lain: a. Sistem promosi degradasi dalam penyusunan kelas Program Peningkatan Mutu  Akademik (PPMA) b. Ranking siswa per mapel, Lomba mata pelajaran. Kolaborasi akademik dilaksanakan dengan:

a. Penyusunan kelas reguler dengan mempertimbangkan distribusi merata antar gender, kemampuan siswa, sikap dan kepribadian, bakat minat, dan sebagainya.
b. Penyusunan  kelompok kerja kegiatan.
c. Penyusunan pengurus OSIS.

 PRESTASI AKADEMIK SMP NEGERI 4 PAKEM

 prestasi akademik

gambar prestasi

Kegiatan pendukung agar dapat mencapai kompetensi para siswanya, SMP Negeri 4 Pakem melaksnakan
a)Short Course Bahasa Inggris
b)Training for-Excellent Life
c)Pesantren Kilat
d)Festival Film
e)English Speaking Contest
f) KIS Award
g)Pameran dan Pagelaran Seni Budaya
h)Field Trip dan Outdoor Activity
i)  Outbond
j)  Home Stay
k) Sister School
l)  Study Wisata

INGIN MENGETAHUI KUALITAS SMP NEGERI 4 PAKEM….?
JANGAN DENGARKAN KAMI BICARA TAPI DENGARLAH BISIK-BISIK RIBUAN ALUMNI SMP NEGERI 4 PAKEM DI SELURUH INDONESIA

PENGEMBANGAN DIRI

Pengembangan Diri Akademik

Pengembangan diri yang bersifat akademik, dimaksudkan untuk mengembangkan potensi dan kemampuan berpikir dan berkarya ilmiah yang dimiliki siswa. Bentuk pengembangan diri akademik ini antara lain :

  1. KIS ( Karya Ilmiah Siswa), masuk dalam kegiatan Ekstrakurikuler Wajib, dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan berpikir ilmiah
  2. Kelas Olimpiade ( MAFIBIPS), dimaksudkan sebagai wadah bagi para siswa yang mempunyai kecerdasan khusus agar dapt mencapai prestasi yang optimal, baik level nasional maupun internasional. Pengembangan diri ini telah berhasil membuat SMP NEGERI 4 PAKEM  benar-benar dapat disejajarkan dengan sekolah Internasional yang sudah dapat berprestasi Internasional
  3. English Speaking, dimaksudkan sebagai suporting program unggulan dimana bahasa Inggris sebagai bahasa universial.
  4. Robotika, sebagai bentuk pengembangan diri yang bernuansa teknologi maju, dimana teknologi maju merupakan representasi kemajuan global.
  5. Roket air dan aeromodeling.

Pengembangan Softsklil
Softskill merupakan salah satu unsur penting dalam pengembangan pribadi manusia. Softskill harus dikembangkan sejak dini. kepekaan terhadap lingkungan, kedisiplinan, bentuk kegiatan yang dipandang dapat mengembangkan softskill siswa SMPN 4 Pakem adalah:

  1. Pramuka, sebagai ekstrakurikuler wajib untuk membentuk kepribadian yang mandiri, jujur, ulet, dan memiliki jiwa patriotisme.
  2. Upacara, sebagai kegiatan pembiasaan untuk membentuk kedisiplinan, kesamptaan  dan cinta tanah air.
  3. Senam, sebagai kegiatan pembiasaan untuk membentuk kerjasama, kebugaran fisik dan hubungan yang harmonis.
  4. Gotong Royong, sebagai kegiatan pembiasaan untuk membetuk kepekaan dan cinta lingkungan, menjaga kesehatan dan kenyamanan lingkungan.
  5. Achievement Motivation Training ( AMT), adalah kegiatan terprogram untuk membentuk motivasi berprestasi, dan mengembangkan sikap berpikir positif.

EKSTRA KURIKULER
Dalam rangka mewadahi bakat dan minat dalam bidang seni dan olahraga, SMP Negeri 4 Pakem, menyelenggrakan Ekstra Kurikuler

OLAHRAGA
a. Renang, sebagai ektrakurikuler wajib.
Renang menjadi ekstrakurikuler wajib karena mengingat negara Indonesia adalah Negara bahari ( 70% wilayahnya berupa laut atau perairan). Program ini diharapkan dapat menambah rasa cinta tanah air, rasa percaya diri dalam menghadapi kemungkinan terburuk dari Negara bahari
b. Silat, sebagai ekstrakurikuler wajib.
Silat menjadi ekstrakurikuler wajib mengingat silat merupakan olahraga asli Indonesia, dan dapat dipakai sebagai skill yang dapat melindungi diri dari keusilan yang melanggar kesusilaan.                                                                                                                                                        c. Basket, Bola Voly, Sepak Bola, dan Futsal
Basket, Sepak bola, Footsal, dan Bola voly adalah olah raga tim yang dapat melatih kolaborasi, membentuk sportivitas, dan mampu menghargai kelebihan orang l                                                                                                                                           d. Tenis meja, dan Tenis lapangan
Olah raga ini di samping fasilitasnya tersedia di SMP N 4 Pakem,  diharapkan dapat melatih kemampuan menganalisa keadaan dan melatih menentukan strategi mengatasi masalah.

SENI DAN KREATIVITAS

 a. Seni Musik
Band, Ansamble, Vokal Group
Kegiatan ini dimaksudkan sebagai kegiatan untuk melatih kolaborasi dan olah cipta, rasa, dan karsa
b. Senitari
1. Tari Traditional, dimaksudkan sebagai kegiatan untuk melestarikan budaya bangsa, dan menumbuhkan sikap kearifan lokal.
2. Dancing Modern : dimaksudkan sebagai kegiatan yang dimaksudkan untuk menumbuhkan rasa percaya diri bagi peserta didik dalam pergaulan budaya internasional
c. Seni Rupa
Batik , sebagai kegiatan yang dapat menjaga sikap kearifan local dan melestarikan budaya bangsa.Ukir, sebagai kegiatan yang dapat menjaga sikap kearifan local dan melestarikan budaya bangsa.

LIFE SKILL
Life skill adalah kecakapan yang dimiliki oleh seseorang agar berani dan mau menghadapi segala permasalahan kehidupan dengan aktif dan proaktif sehingga dapat menyelesaikannya. Bentuk kegiatan yang dipandang dapat mengembangkan lifeskill siswa SMPN 4 Pakem adalah.
a. Tata Boga
Ekstra kurikuler ini dimaksudkan untuk , mengenalkan cita rasa boga nusantara dan manca negara, menjaga kelestarian jenis dan cita rasa nusantara.                                                                                                                                                       b. Tata Busana
Ekstra kurikuler ini dimaksudkan untuk , mengenalkan dan menjaga etika berbusana sebagai budaya bangsa, dan mengetahui etika berbusana sebagai budaya Internasional                                                                                                                                                           c. Animasi dan web  desain.                                                                                                                                                        d. Perakitan dan maintance komputer.

Tinggalkan komentar